Senin, 21 November 2016

Persamaan Keadaan Gas

Gas ideal merupakan gas yang tenaga ikat antar molekulnya dapat diabaikanBesaran yang berkaitan dengan persamaan keadaan adalah tekanan (P)volume (V)dan temperatur mutlak (T). Hubungan ketiga besaran ini telah dipelajari dan diteliti oleh para ilmuwan dalam beberapa hukum.
a.      HUKUM BOYLE
Volume gas dalam suatu ruang tertutup sangat bergantung pada tekanan dan suhunya. Apabila suhu dijaga konstan, maka tekanan yang diberikan akan memperkecil volumenya. Hubungan, tersebut dikenal dengan Hukum Boyle yang dapat dinyatakan berikut ini. Apabila suhu gas yang berada dalam ruang tertutup dijaga konstan, maka tekanan gas berbanding terbalik dengan volumenya”Proses pada suhu konstan disebut proses isotermisSecara matematis, Hukum Boyle dituliskan dalam bentuk:
Keterangan:
P1 = tekanan gas awal (N/m2)
V1 = volume gas awal (m3)
P2 = tekanan gas akhir
V= volume akhir

b.      HUKUM CHARLES
Apabila tekanan tidak terlalu tinggi dan dijaga konstan, volume gas akan bertambah terhadap kenaikan suhu. Hubungan tersebut dikenal denganHukum Charles yang dapat dinyatakan berikut ini. “Apabila tekanan gas yang berada dalam ruang tertutup dijaga konstan, maka volume gas berbanding lurus dengan suhu mutlaknya.” Proses yang terjadi pada tekanan tetap disebuproses isobarisPersaaman hukum Charles ;
Keterangan:
P1 = tekanan gas pada keadaan 1 (N/m2)
V1 = volume gas pada keadaan 1 (m3)
P2 = tekanan gas pada keadaan 2 (N/m2)
V2 = volume gas pada keadaan 2 (m3)
c.       HUKUM GAY-LUSSAC
Apabila botol dalam keadaan tertutup kita masukkan ke api, maka botol tersebut akan meledak. Hal ini terjadi karena naiknya tekanan gas di dalamnya akibat kenaikan suhu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa “Apabila volume gas yang berada pada ruang tertutup dijaga konstan, maka tekanan gas berbanding lurus dengan suhu mutlaknya” Proses yang terjadi padavolume konstan disebut proses isokhorisSecara matematis dapat ditulis:
Keterangan:
P1 = tekanan gas pada keadaan 1 (N/m2)
T1 = suhu mutlak gas pada keadaan 1 (K)
P2 = tekanan gas pada keadaan 2 (N/m2)
T2 = suhu mutlak gas pada keadaan 2 (K)

Sumber : https://nsaadah75.wordpress.com/2011/04/18/persamaan-keadaan-gas/

0 komentar:

Posting Komentar